Dokter Gigi Spesialis


Ada 7 bagian di bidang kedokteran gigi. Pada umumnya semua dokter gigi dapat melakukan perawatan yang mencakup semua bagian ini. Namun, apabila kasus yang dialami pasien merupakan kasus yang khusus ataupun tidak biasa, biasanya dokter gigi umum ini akan merujuk pasien kepada dokter gigi spesialis.
Berikut ini adalah 7 macam dokter gigi spesialis:

  • Spesialis anak/pedodontis (Gelar: Sp. KGA)

Dokter gigi ini mempunyai keahlian khusus untuk menangani pasien anak-anak. Mulai dari pertumbuhan dan perkembangan giginya sampai psikologis anak dalam hal ini apabila sang anak mempunyai masalah rasa takut terhadap dokter gigi ataupun apabila sang anak sangat sulit untuk dilakukan perawatan oleh dokter gigi umum. Anak-anak dengan keterbatasan (cacat) juga dapat dirawat oleh dokter gigi ini.

  • Spesialis konservasi gigi (Gelar: Sp. KG)

Konservasi maksudnya adalah sebisa mungkin mempertahankan dan mengembalikan fungsi normal gigi. Perawatan yang dilakukan dokter gigi ini adalah penambalan, perawatan saluran akar/endodontik (gigi yang sakit berdenyut ataupun berlubang besar), dan estetik (pemutihan dan memperbaiki bentuk gigi).

  • Spesialis gigi tiruan/prostodontis (Gelar: Sp. Pros)

Dokter gigi ini mempunyai keahlian untuk membuat berbagai jenis gigi tiruan, mulai dari yang lepasan maupun gigi tiruan cekat. Berbeda dengan tukang gigi yang mungkin Anda jumpai di jalan-jalan, dokter gigi ini juga mempertimbangkan agar gigi tiruan tersebut dapat diterima secara biologis oleh mulut sehingga aspek kesehatan mulut tetap terjaga.

  • Spesialis penyakit mulut (Gelar: Sp. PM)

Untuk kasus-kasus penyakit mulut yang tidak biasa, seperti sariawan yang tidak kunjung sembuh, berbagai luka maupun kelainan di mukosa mulut, biasanya ditangani oleh dokter gigi ini mulai dari diagnosis sampai perawatannya. Terkadang dokter gigi ini bekerja sama dengan spesialis bedah mulut apabila diperlukan tindakan pembedahan.

  • Spesialis bedah mulut (Gelar: Sp. BM)

Ahli bedah mulut melakukan berbagai perawatan bedah seperti membuang kista, tumor, ataupun pencabutan gigi yang sulit. Mereka juga memperbaiki patah ataupun retak tulang rahang, maupun masalah sendi rahang yang memerlukan tindakan bedah. Selain itu, ahli bedah mulut juga melakukan tindakan seperti bedah plastik untuk memperbaiki wajah, misalnya pada kasus bibir sumbing.

  • Spesialis kawat gigi/ortodontis (Gelar: Sp. Ort)

Perawatan yang dilakukan untuk mendapatkan susunan gigi yang rapi dan teratur dilakukan oleh ortodontis. Namun, untuk kasus yang sederhana masih bisa dilakukan oleh dokter gigi umum.

  • Spesialis periodonsia (Gelar: Sp. Perio)

Dokter gigi ini menangani kasus-kasus yang berhubungan dengan jaringan pendukung gigi diantaranya gusi, dan jaringan pendukung gigi lainnya yang lebih dalam. Perawatan yang dilakukannya mulai dari skeling membersihkan karang gigi, sampai bedah periodontal.

Sumber

 

About these ads

23 thoughts on “Dokter Gigi Spesialis

  1. Ping-balik: Mengenal Dokter Gigi Spesialis di Indonesia « Asli dibuat di kamar kosan

    • Untuk implant bisa ke spesialis bedah mulut Sp.BM atau prostodonsia Sp.Pros,,, namun bisa juga ke dokter gigi umum yg sudah memiliki sertifikasi kedokteran gigi implant, gelarnya drg……, Sert.KGI

  2. Gigi saya nyeri spontan dan sudah 3 hari belum sembuh meski sudah minum obat resep dokter,
    info ini bikin saya tau kalau kemarin2 saya salah pergi ke spesialis, karna untuk caries saya pergi ke orthodontis :(

    saya lihat hasil rongent dental saya ada warna kehitaman/gelap di sekitar kedua akar geraham saya yg lubang/caries. mungkinkan itu peradangan yg membuat gigi saya nyeri tak kunjung reda meski sudah minum obat.

    dan pertanyaan pentingnya sebaikanya saya pergi ke drg sp apa?
    untuk jakarta barat dan selatan dimana ya lokasinya? #terutama yg murah n tetap bagus :D
    trims buat pencerahanya

    • Sebaiknya ke drg spesialis konservasi mb irma, biar nanti dirawat sakuran akarnya. Trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s